MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU

MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU - Halo Bertemu Kembali Lagi Bersam Kami Soal Soal Sekolahan, Pada Artikel yang kami share kali ini dengan judul MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU , kali ini kami akan membagikan hal yang tentunya gratis dan bermanfaat untuk kalian semua dengan kategori Pada Artikel UN SMP, yang kami posting ini semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. baiklah langsung saja, silahkan di simak.

Judul : MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU
link : MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU

MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SESUAI DENGAN DATA
Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Soal di atas menanyakan teks laporan yang sesuai dengan data/ilustrasi. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal di atas termasuk ke dalam ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji adalah menulis dengan ilustrasi tertentu.


Teks laporan hasil observasi adalah teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan diawali dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap bagian atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.

Berdasarkan ilustrasi data dan struktur tulisan, teks laporan yang sesuai dengan data adalah pilihan jawaban D, yaitu Perpustakaan Rima memiliki empat jenis buku cerita, yaitu cerita anak, novel remaja, roman, dan dongeng. Dongen memiliki judul terbanyak dan jumlah judul paling sedikit adalah roman.

RINGKASAN MATERI

MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

A.  Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan. Dengan teks tersebut, pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.

B.  Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi

laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1. Menyajikan fakta-fakta tentang keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan peristiwa dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.

C.  Langkah-Langkah Menulis Teks Laporan Observasi

Adapun langkah-langkah yang lebih sistematis adalah sebagai berikut.

1. Melakukan observasi atau pengamatan lapangan dengan kriteria objek menarik dan dikuasai. Topik observasi, misalnya tentang kegiatan karnaval.

2. Mendaftar topik-topik kecil yang dapat dikembangkan menjadi laporan.

Contoh:

a. Karnaval sebagai kegiatan rutin tahunan

b. Deretan peserta karnaval

c. Kegiatan peserta karnaval

d. Keadaan para penonton

e. Kegiatan lain di dalam karnaval

f. Manfaat karnavalLaporan Hasil Observasi 3. Menyusun kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi yaitu defnisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.

Struktur Umum Rincian Topik Pengembangan

a. Defnisi umum • Karnaval sebagai kegiatan rutin tahunan

b. Deskripsi per bagian • Deretan peserta karnaval

• Kegiatan peserta karnaval

• Keadaan para penonton

• Kegiatan lain di dalam karnaval

c. Deskripsi manfaat • Manfaat karnaval

4. Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi suatu teks yang padu. Dalam tahap ini kita pun perlu memerhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik dari teks laporan observasi. Dengan demikian, hasilnya benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya itu dan tidak berubah wujud menjadi teks jenis lainnya.

Contoh pengembangan teks:

Karnaval merupakan kegiatan rutin di kota kami. Kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali di akhir tahun, menjelang perpisahan sekolah. Para pesertanya adalah utusan dari masing-masing sekolah. Mereka menyajikan berbagai atraksi dengan kostum yang bermacam-macam; kemudian berbaris membentuk kelompok masing-masing Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreograf menggunakan benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung. Mengasyikkan memang acara itu. Hampir semua peserta merasa senang, termasuk masyarakat yang berjubel menyaksikannya. Mereka semua terhibur. Selain itu, karnaval meningkatkan solidaritas dan kekompakan di antara pelajar, khususnya di Kota Bandung. Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti itu mereka semakin berprestasi dan terjauh pula dari berbagai tawuran dan kegiatan-kegiatan tidak produktif lainnya yang sering kali melanda kalangan remaja di kota-kota lainnya.(Kosasih, 2014:43-59)

Sumber

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya




Sekian dulu Artikel MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU

Sekianlah artikel MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU kali ini,semoga bisa memberi manfaat untuk teman teman semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya, dan terimakasih telah membaca.

Anda sekarang membaca artikel MENULIS DENGAN ILUSTRASI TERTENTU dengan alamat link http://kumpulan-soal-sekolahan.blogspot.com/2017/11/menulis-dengan-ilustrasi-tertentu.html

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »